iklan Q

Jumat, 21 Mei 2010

Pemarah Rentan Sakit Jantung

Lanjutan atas Posting yang terdahulu....tentang penyakit jantung yang saat sekarang tidak memandang usia. Dalam hal ini di ambil dari beberapa sumber kaitan Penyakit jantung dengan kadar emosi. Ternyata benar apa yang Nenek bilang, sering marah tak baik untuk kesehatan. Penelitian ilmiah membuktikan, orang dengan temperamen tinggi lebih berpeluang menderita penyakit jantung.

Orang dengan sifat pemarah yang dimaksud adalah mereka yang emosinya gampang tersulut, sering meledak-ledak, dan suka mengintimidasi orang lain. Marah dalam kadar sedang bukanlah masalah, namun bila emosi selalu tinggi, berhati-hatilah.

Mengekspresikan rasa marah adalah sesuatu yang baik, namun orang yang tak bisa mengontrol emosinya, misalnya berteriak bahkan sampai memukul meja saat hatinya gusar, memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih besar.

Saat kita marah, dampak psikologi akan langsung dirasakan jantung dan arteri. Emosi negatif seperti rasa marah dan benci akan mengaktifkan respon "melawan atau lari" sehingga hormon stres, termasuk adrenalin dan kortisol, akan membuat jantung berdetak lebih keras. Demikian juga halnya dengan napas yang menjadi cepat dan tekanan darah meningkat sebagai akibat pembuluh darah yang mengerut.

"Kadar adrenalin dan kortisol dalam kadar yang tinggi akan memberi efek racun bagi jantung. Selain itu terlalu sering marah akan mempercepat proses ateroklerosis atau penimbunan lemak di pembuluh darah, menurut sebuah penelitian tentang kesehatan jantung.

Dijelaskan, hal itu terjadi karena otak memompa terlalu cepat, pembuluh darah mengerut, dan tekanan darah naik. Selain itu, saat emosi sedang meledak-ledak, kadar glukosa dalam darah ikut naik dan lebih banyak titik lemak di pembuluh darah. Para ahli meyakini hal itu akan merusak dinding arteri.

Selain marah, faktor lain yang mempercepat kerusakan jantung adalah kecemasan dan depresi. Orang yang sering marah cenderung memiliki emosi negatif yang kronik, semisal rasa cemas dan depresi. Maka kontrol emosi akan membuat sehat jantung kita...Darah muda darah para remaja...yang terkadang merasa gagah namun tidak akan melihat sebuah resiko bagi mereka.

2 komentar:

nice sharing....ngeri juga neh jantungan apalagi perokok ya... :)

berkunjung sob opening my new blog :)
http://myblog-blogpemula.blogspot.com/2010/05/opening-rf4bi-link-exchange.html

Posting Komentar

Monggo...kasih coretan di bawah ini...jangan lupa ya...meskipun hanya kata-kata sekedarnya, saya hargai setinggi langit nan biru...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More