iklan Q

Minggu, 25 September 2011

Sayur Bayam

Desa - desa di Indonesia pasti akan mengenal jenis apa yang di dengan Bayam. Diberbagai negara di belahan duniapun sangat banyak dan mudah di jumpainya. Tapi apakah sobat pembaca tau ...Kalau tumbuhan bayam yang merupakan tumbuhan sayuran hijau itu kandungan zat besi nya sangat tinggi.??


Ada sebagian juga masyarakat  memanfaatkan tumbuhan ini dalam meningkatkan gizi anak - anaknya dengan asupan sayur bayam. Kadang terlontar juga ungkapan " Makanlah sayur Bayam agar sekuat Popeye " ...hmmmm  memang tokoh kartun ini kalau sudah menyantap bayam ( Spinach ) wuihhhhhhh jadilah si tokoh terkuat.

Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalah artikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain - lihat Bayam (Spinacia).



Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.

Beberapa kultivar A. tricolor memiliki daun berwarna merah atau putih dan dipakai sebagai tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Jenis tanaman hias lainnya adalah A. caudatus karena tandan bunganya berwarna merah panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya (bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan.


Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat. Jika di Desa biasanya banyak di buat macam makanan yang di buat dari aneka bahan bayam, diantaranya adalah sebuah kota sudah menjadikan sebagai makanan khas daerahnya yaitu Keripik Daun Bayam.



0 komentar:

Posting Komentar

Monggo...kasih coretan di bawah ini...jangan lupa ya...meskipun hanya kata-kata sekedarnya, saya hargai setinggi langit nan biru...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More