iklan Q

Sabtu, 01 Mei 2010

Tepuk Tangan Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kalau kau suka hati tepuk tangan... prok...prok' begitulah kadang-kadang gaya guru TK mengajarkan muridnya bermain sambil belajar. Selain menyenangkan, tepuk tangan juga bisa meningkatkan keterampikan motorik dan kognitif (kecerdasan) anak. Studi pertama kali mengenai manfaat lagu yang dinyanyikan sambil bertepuk tangan, di sebutkan bahwa manfaat dari tepuk tangan akan sangat baik dalam melaith gerakkan otot dan syaraf anak-anak yang dilakukan dengan gembira dan riang, akan selalu mempengaruhi hormon kecerdasan di otak.

Hasilnya, menunjukkan adanya hubungan langsung dengan peningkatan aktivitas dan ketrampilan perkembangan yang penting pada anak-anak, remaja hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Ditemukan bahwa anak-anak kelas satu, dua dan tiga sekolah dasar yang menyanyikan lagu ini sambil bertepuk tangan menunjukkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan bertepuk tangan ayng riang.

Ditemukan juga  tepuk tangan dapat membantu melatih keterampilan motorik anak sehingga dapat menghasilkan tulisan tangan yang rapi, menulis dengan lebih baik serta sedikit membuat kesalahan ejaan.

Diungkapkan kegiatan tepuk tangan dapat melatih otak dan mempengaruhi perkembangan daerah otak yang lainnya.

Manfaat lainnya adalah anak-anak diajarkan melatih integritas sosialnya dengan teman-teman yang lain, sehingga kemampuan sosialisasinya lebih baik. Hal ini untuk melihat apakah anak-anak merasa terhibur dan terpesona dalam menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan. Kegiatan ini ternyata menjadi salah satu hiburan bagi anak-anak sekolah dasar.

Dalam waktu yang singkat tersebut, anak-anak memiliki kemampuan kognitif yang baik serta membantu kemampuan motoriknya dalam melakukan aktivitas. Karena itu sebaiknya hal ini masuk dalam pendidikan untuk anak usia 6-10 tahun dengan tujuan meningkatkan kemampuan motorik dan kognitifnya. Lagu anak-anak yang dinyanyikan sambil bertepuk tangan ini biasanya dibawakan oleh anak-anak hingga usianya 10 tahun.

Jika diamati, maka kegiatan ini sangat berfungsi sebagai acuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak-anak hingga ke tahap pertumbuhan berikutnya.

3 komentar:

pertamaxxx...

kalau menurut saya tepuk tangan itu akan menambah semangat seseorang sehingga memberi dorongan positif kepada orang yang diberi tepuk tangan.
Kalau untuk kecerdasan, saya sangsi...

@Qori



kecerdasan juga bersumber dari gerak motorik yg dinamis, dimana akan mempengaruhi pergerakan sel otak juga....sesuai dg hasil pengawasan saya pada cara belajar siswa saya, maka di simpulkan bahwa gerakan dinamis pada syaraf dan otot motorik mempengaruhi gerak bidang pengetahuan yg lebh bagus daripada yang hanya diam atau jadi penonton, semoga hal ini akan jadi bahan pertimbangan pengawasan perkembangan anak-anak.
terima kasih

Artikel menarik...blognya juga keren dan sangat bermanfaat...
khususnya buat anak-anak..
saya juga punya artikel menarik tentang TEPUK TANGAN buat ANAK..
Bisa dibaca di http://lagu2anak.blogspot.com/2011/09/cara-mengajari-anak-membaca-cepat-dan.html
anda juga bisa menemukan banyak aktivitas, lagu, dan artikel tantang anak2 lainnya..
klik saja http://LAGU2ANAK.BLOGSPOT.COM
Mari bertukar link..

Posting Komentar

Monggo...kasih coretan di bawah ini...jangan lupa ya...meskipun hanya kata-kata sekedarnya, saya hargai setinggi langit nan biru...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More