iklan Q

Rabu, 28 April 2010

Khasiat Tomat buat Kesehatan

Wah sambel...sambel bu ne...teriak seorang bapak. Karena tanpa sambel makannya ga sedap katanya...sedang di Indonesia sambel akan identik dengan tiga rasa yaitu : Sambel Trasi, Sambel Lombok, Sambel Tomat. Padahal setahu saya Sambel itu semuanya pakai tiga bagian yang di sebut di atas...Trasi, Lombok/Cabai, dan Tomat. Yang samapi saat ini sangat melimpah dalam pertanian kita adalah Tomat dan Lombok ( kadang gara-gara keduanya kita kena Inflasi wah kerennya ya.....) yang akan di lihat di sini adalah manfaat salah satu Ornamen Sambel yaitu TOMAT.

Di negeri Inggris, buah tomat diperkirakan dibawa oleh para penjelajah seperti Cortez atau Columbus dari Peru. Awalnya, buah bernama asli Aztec xitomatl atau buah gemuk berpusar diduga sebagai buah beracun karena mirip dengan tanaman Belladonna. Tanaman Belladonna termasuk tumbuhan Solanaceae memiliki buah berwana hitam dan mematikan, termasuk daun dan batangnya.

Lambat laun akhirnya tanaman tomat dipercaya dapat dimakan dan secara teknis dianggap sebagai buah karena mengandung biji, namun beberapa orang menganggap tomat sebagai sayuran karena batang, daun, atau akar tanaman juga dapat dimakan. Kini lebih dari 10.000 varietas yang ada, dari yang berukuran kecil sekitar lima milimeter yang bernama tomat Tomberries hingga tomat Ponderosa dengan berat lebih dari 1,5 kilogram. Warnanya pun beraneka ragam kuning, merah muda, ungu, hitam, merah bahkan putih.

Tomat dipercaya mengandung kaya lycopene, antioksidan yang terbukti baik bagi jantung dan efektif mengobati prostat, paru-paru dan kanker perut. Tomat berwarna paling merah juga dipercaya mengandung khasiat paling tinggi. Namun, beberapa ahli kesehatan menganjurkan mengonsumsi tomat yang dimasak lebih baik dibanding yang mentah, karena proses memasak mampu memecah dinding sel serta melepaskan bahan kimia yang terkandung didalamnya

Wah benar-benar kandungan yang sangat di butuhkan manusia tuh...selamat menikmati Sambal Tomat dan trasi deh....

2 komentar:

tomat emang enak di sambel
hehehehe
berkunjung mas

@rezKY p-RA-tama


ya atuh...kl ga da tomatnya ga eeeuunakkk

Posting Komentar

Monggo...kasih coretan di bawah ini...jangan lupa ya...meskipun hanya kata-kata sekedarnya, saya hargai setinggi langit nan biru...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More